Sebelumnya di sini aku sudah cerita tentang bagaimana kita bisa menuju ke negara-negara lain di Asia, Eropa, dan Afrika, tanpa menggunakan pesawat terbang, jadi cukup menggunakan jalan darat. Kali ini aku akan menambahkan beberapa data yang bisa menjadi panduan kamu semua untuk menuju Malaysia dan Singapura, atau sebaliknya dari sana menuju ke sini, tanpa menggunakan pesawat terbang. Dari Malaysia atau Singapura, kamu bisa menuju ke negara-negara lainnya dengan mudah, begitu juga sebaliknya.

Ternyata menurut kabar terkini, jalur ferry antara Medan dan Pulau Pinang sudah ditutup. Ini mungkin saja imbas daripada penerbangan murah antara kedua kota itu. Jadi, jalur yang sangat mungkin antara Indonesia dan Malaysia ialah :

  1. Tanjung Balai (Sumatera Utara) - Port Klang / Pelabuhan Klang (Selangor)
  2. Dumai (Riau) - Port Klang
  3. Dumai - Melaka
  4. Batam - Singapura, dan juga ke kota-kota lain seperti Johor Bahru dan Tanjung Belungkor (Johor)
  5. Tanjung Balai Karimun - Singapura, dan juga ke kota-kota lain seperti Kukup dan Batu Pahat (Johor)
  6. Tanjung Pinang - Singapura, dan juga Johor Bahru

Kapal ferry Indomal Express rute Dumai - Malaka

PO Handoyo rute Dumai - Pulau Jawa

Kapal ferry Indomal Express melayani rute Malaka - Dumai dan Port Klang - Dumai, dan memakan waktu sekitar 1 jam 45 menit. Klik di sini untuk menuju laman resminya. Di situ bisa dilihat jadual dan harganya. Sebenarnya ada juga kapal ferry langsung ke Pekanbaru, tapi berdasarkan kabar burung yang aku dengar, jalur ini sudah ditutup.
Bagaimana dari Dumai menuju kota-kota lain di Indonesia???
Bisa dengan menumpang bis atau travel. Bis atau travel ke Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau, cukup sering. Yang paling terkenal adalah Sinar Riau tapi banyak juga yang lain. Sinar Riau dan angkutan lain juga ada yang menuju Bukittinggi, Sumatera Barat, sedangkan bis ANS melayani rute Dumai - Padang dan Makmur melayani rute Dumai-Medan.
Bis yang langsung ke Jakarta atau Pulau Jawa hanya ada Handoyo dan Kurnia, sedangkan Pacitan Jaya Putra hanya sampai Pelabuhan Merak. Selain itu tidak ada, harus ke Pekanbaru dahulu. Dari Pekanbaru ke Jakarta ada beragam bis seperti Siliwangi Antar Nusa (SAN), Pahala Kencana, Sari Harum, dan Lorena. Waktu tempuh Dumai - Pekanbaru sekitar 4-5 jam, sedangkan dari Pekanbaru ke Jakarta diperkirakan sekitar 35 - 40 jam.
Alternatif lain adalah dari Dumai menuju Palembang atau Bandar Lampung dengan bis Indonesia Mulia Indah (IMI), dan dari Palembang atau Bandar Lampung bisa menumpang bis Pahala Kencana, Kramat Djati, Sari Harum, atau Laju Prima. Untuk jarak tempuhnya, aku tak tahu pasti. Aku belum survey.
Masih ada alternatif lain. Dari Dumai menumpang angkutan ke Simpang Bangko, dan dari sana bisa naik bis yang dari Medan seperti Antar Lintas Sumatera (ALS), Medan Jaya, Pelangi, PMTOH dan lainnya. Tapi harganya memang jadi lebih mahal.

Kapal ferry Batam Fast rute Singapura - Batam

KM Kelud rute Belawan (Medan) - Tanjung Balai Karimun - Sekupang (Batam) - Tanjung Priok (Jakarta)

Alternatif lain adalah dari Singapura. Dari Singapura menuju Batam atau sebaliknya, ada berbagai macam kapal ferry seperti Penguin, Batam Fast, Indo Falcon, dan lain-lainnya. Berangkat dari Singapura bisa dari Harbour Front ataupun Pelabuhan Tanah Merah, seperti yang pernah aku ceritakan. Sedangkan di Batam bersandar di Batam Center, Harbour Bay, Sekupang, atau Nongsa.
Ada juga kapal ferry dari Singapura menuju Tanjung Balai Karimun seperti Batam Fast.
Dari Batam ataupun Tanjung Balai Karimun menuju Jakarta bisa menumpang kapal KM Kelud dengan rute Belawan (Medan) - Tanjung Balai Karimun - Sekupang (Batam) - Tanjung Priok (Jakarta). Dari Batam menuju Jakarta memakan waktu sekitar 1 hari (24 jam).
Atau dari Batam menuju Dumai dengan MV Dumai Express, lalu dari Dumai bisa diteruskan naik bis. Dari Batam juga bisa menumpang kapal ferry ke Pekanbaru, Kuala Tungkal (Jambi), dan Palembang, tapi infonya belum pasti.

Alternatif lain, dari Singapura menuju Tanjung Pinang. Dari Tanjung Pinang, lebih tepatnya Pelabuhan Kijang, menuju Jakarta bisa menumpang KM Umsini (rute Kijang - Tanjung Priok), KM Sirimau (Kijang - Belinyu (Bangka) - Tanjung Priok), atau KM Bukit Raya (Kijang - Belinyu - Tanjung Priok). Memakan waktu sekitar satu hari lebih 5 jam.
Kalau ingin menghindari Singapura, kamu juga bisa dari kota-kota di Malaysia seperti Johor Bahru atau Tanjung Belungkor menuju Batam, Karimun, atau Tanjung Pinang.

Tulisan ini sekadar referensi bagi kamu yang ingin mencoba sensasi baru melancong ke negara lain, menghindari pesawat terbang. Aku sudah memaparkan alasan mengurangi pemakaian jasa pesawat terbang di postingan sebelumnya. Kalau kamu mau mencoba, silakan.
Kalau bukan karena terpaksa atau kejar waktu, sebaiknya hindari penggunaan pesawat terbang. Cobalah moda transportasi lain seperti kapal laut, bis, atau kereta api. Dan pastinya, jadinya Jembatan Selat Sunda dan Jembatan Selat Malaka di masa depan nanti (entah kapan) bisa memudahkan kita melakukan perjalanan lintas negara tanpa pesawat terbang, untuk bumi yang lebih hijau, segar, dan asri.

Postingan ini akan selalu diupdate sesuai info yang aku dapatkan. Kalau ada yang dapat info lebih lanjut, atau mungkin ada yang kurang jelas, silakan tinggalkan komentar. Terima kasih.