Bandung lebih berwarna hari ini. Mungkin Indonesia juga. Bukan tanpa alasan. Hari ini dicanangkan sebagai Hari Batik Sedunia sempena dengan didaftarkannya batik asli Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia. Atas dasar itulah, Presiden SBY menghimbau segenap masyarakat untuk memakai batik pada hari ini. Himbauan itu juga terpampang di papan pengumuman kampusku. Banyak mahasiswa di kampusku memakai baju batik hari ini. Sebagian tdak memakainya, mungkin karena tak sempat membawa batik dari kampung halaman, atau tidak punya baju batik sehelai pun.
Sebenarnya aku sudah sering memakai baju batik sedari dulu. Namun, batik yang kupunya berbahan dasar katun, bukan sutera, sehingga tidak panas. Batiknya pun lengan panjang, bukan lengan pendek. Biasanya batik kupakai pada acara-acara formal. Batik yang kupunya kubeli dari berbagai tempat, seperti di ITC Mangga Dua Jakarta, Pasar Klewer Solo, atau Pasar Beringharjo Yogyakarta. Sebagian juga dari Cirebon dan Pekalongan, sentra batik terkenal.
Zaman sekarang, anak-anak muda mungkin sudah mulai meninggalkan batik. Alasannya batik hanya cocok untuk orang tua, tidak cocok untuk anak muda. Ternyata sekarang revival atau kebangkitan batik mulai muncul. Beberapa desainer terkemuka dunia mulai mendesain model fashion yang mengandung unsur batik, tetapi cocok untuk anak muda. Bahkan, sudah banyak kedai distro di Bandung yang menampilkan baju-baju distro dengan motif batik.
Masalahnya, banyak orang berfikiran sempit bahwa batik itu berasal dari Jawa. Tidak juga. Batik juga terdapat di tempat-tempat lain, termasuk batik Jambi yang terkenal dengan keindahan motifnya, lain dengan batik Jawa yang motifnya filosofis. Begitu juga batik Kalimantan dan batik Papua yang indah. Batik-batik di luar Jawa inilah yang kurang diangkat di skala nasional dan global.
Tak dapat dipungkiri, batik adalah warisan budaya bangsa yang harus dijaga. Bukan hanya menjaga, tetapi juga bangga memakainya. Siapa tahu saja batik bisa menjadi tren fashion global. Pada hari inilah, sejarah mencatat, kebangkitan batik dimulai dengan masuknya batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia...