Laskar Wong Kito. Demikianlah julukan tim sepakbola kebanggaanku ini. Lima tahun kuhabiskan waktu di Kota Palembang, membuatku tergila-gila dengan tim ini. Tahun-tahun sebelumnya, terutama pada saat Divisi Utama, Sriwijaya FC berjaya di posisi teratas. Bahkan SFC bisa bermain di Liga Champions Asia. Kini sepertinya kejayaan itu mulai meredup dan bisa saja tidak terulang lagi. Tapi biarlah kita harus optimis bahwa SFC mampu mengulangi kejayaannya.
Pada Liga Super musim ini, Pulau Sumatera hanya diwakili 2 tim, iaitu PSPS Pekanbaru dan Sriwijaya FC. Satu lagi tim kebanggaanku, PSMS Medan, terdegradasi ke Divisi Utama setelah kalah playoff melawan Persebaya Surabaya. Bagiku itu suatu kemunduran. Sedangkan PSPS Pekanbaru belum pernah kudengar prestasinya. Walhasil, yang kuandalkan adalah Sriwijaya FC.
Kemunduran ini mungkin saja ada kaitannya dengan pergantian Gubernur Sumatera Selatan, dari Syahrial Oesman ke gubernur yang baru, Alex Noerdin. Syahrial Oesman memang menaruh perhatian besar terhadap tim ini. Dalam beberapa kali latihan rutin, Pak Syahrial datang untuk melihat. Pak Syahrial yang juga berlaku sebagai Ketua Umum SFC pada saat itu selalu memberikan motivasi kepada para anggota tim. Gubernur yang sekarang? Wah, kurang terdengar dukungannya. Temanku bilang, beliau terlalu fokus dengan program sekolah gratis dan berobat gratis. Bahkan, dia juga bilang kalau bukan SFC saja yang meredup di bawah gubernur baru ini, tetapi seluruh Sumatera Selatan juga mulai redup. Termasuk bagaimana pemadaman bergilir mulai menghantui Kota Palembang dan sekitarnya.
Meredupnya SFC juga bisa jadi diakibatkan perpindahan pemain-pemain SFC yang boleh dikatakan andalan ke klub-klub lain, seperti Budi Sudarsono yang pindah ke Persib dan Wijay yang pindah ke PSMS. Yang penting, masih ada 3 pemain "kulit hitam" kesukaanku, iaitu Zah Rahan Krangar, Obiora, dan Keith Gumbs.
Hingga tanggal 21 November 2009, SFC berada di nomor 11. Jauh jika dibandingkan pada LSI 2008, SFC berada di nomor 5. Namun liga masih berlangsung. Kuharap SFC bisa memperbaiki penampilannya. Empat pertandingan sebelumnya, SFC dikalahkan Persiba Balikpapan dengan skor 4-0, imbang melawan PSM Makassar dengan skor 1-1, menang melawan Persitara Jakarta Utara dengan skor 3-2, dan menang melawan Pelita Jaya Purwakarta dengan skor 3-1. Hari ini (6 Desember 2009), SFC akan melawan Persijap Jepara di Stadion Jakabaring. Berjuanglah SFC, kami pendukungmu ada di belakangmu!