Salah satu daya tarik daripada seorang wanita ialah rambutnya. Rambut, yang awalnya berfungsi sebagai pelindung kepala dari panas terik dan juga benturan (terutama bagian otak), kini menjadi perlambang kecantikan dan mungkin juga sifat dari manusia, terutama wanita yang memang memiliki berbagai macam model rambut.
Kalau di masyarakat Asia, termasuk Melayu, rambut yang cantik bagi seorang wanita adalah rambut yang hitam panjang, lurus, dan berurai. Nyatanya sekarang rambut tidak melulu hitam dan panjang. Sekarang sudah banyak wanita yang beralih ke model rambut pendek, dan warnanya pun tak selalu hitam. Ada coklat, merah, jingga, yang ekstrim macam biru atau hijau pun ada.
Rambut lelaki memang cenderung pendek, walaupun rambut panjang juga sudah mulai disukai. Bagaimana sejarahnya rambut lelaki umumnya pendek dan rambut wanita umumnya panjang, aku tak tahu. Tapi yang pasti, itu berkaitan dengan budaya tempatan. Sama saja seperti di militer dan kepolisian, wanita harus berambut pendek, sudah ada peraturannya. Begitu juga dengan laki-laki Sikh, tidak boleh memotong rambut, cambang, dan kumis. Itu semua berakar dari tradisi.

Sebenarnya aku menulis postingan ini karena ingin tahu saja, model rambut wanita seperti apa yang disukai oleh lelaki. Dan ternyata menurut observasiku sendiri, entah di dunia nyata ataupun di dunia nyata, perbandingan antara lelaki yang menyukai wanita berambut pendek dan berambut panjang hampir mendekati 50:50. Jadi selera lelaki memang beragam. Selain itu, aku sudah cerita bahwa ketika aku berkunjung ke Singapura beberapa waktu lalu sepertinya perempuan di sana mulai mencoba berbagai macam model rambut, terutama rambut pendek. Dan perempuan berambut pendek agaknya makin banyak di Singapura. Bukan hanya di Singapura, tapi di serata dunia termasuk Indonesia.
Oke, kita mulai dari wanita berambut panjang. Wanita berambut panjang selayaknya memiliki kesan anggun dan lemah lembut. Memang tidak semuanya, karena wanita berambut panjang yang tomboy pun ada. Tapi kebanyakan memang melahirkan kesan anggun. Selain itu, wanita berambut panjang juga terkesan girly atau feminin, sifat kewanitaannya nampak sekali. Karena itu, wanita berambut panjang cukup pas apabila memakai pakaian seperti gaun, atau blus dengan bawahan rok, karena pakaian tersebut agaknya cukup feminin. Tapi karena rambut panjang pada wanita sangat "umum", maka mau memakai apapun mereka pun sesuai.

Wanita berambut pendek memiliki kesan dinamis, aktif, dan liberal. Artinya wanita tersebut cukup banyak pergerakan dan tidak terbatas oleh hal-hal yang biasanya sangat membatasi wanita. Ada kalanya wanita berambut pendek juga terkesan tomboy, tapi tidak selalu. Tomboy ataupun girl tidak selalu nampak dari rambutnya, pendek atau panjang.
Karena itulah rambut pendek juga biasanya identik dengan pekerjaan yang banyak menuntut gerak seperti aktivis, atlet, pekerja lapangan, ataupun pekerjaan lain yang sudah lama didominasi oleh lelaki. Dan pakaian yang sesuai bagi mereka adalah pakaian casual atau keseharian seperti blus atau kaus dengan celana panjang atau pendek. Rambut pendek, terutama yang pendek sekali dan di atas leher, tidak pas dipadukan dengan pakaian gaun rok, kecuali rambut bob mungkin masih bisa dipadukan.
Secara pribadi, aku lebih menyukai wanita berambut pendek daripada wanita berambut panjang. Kesannya seksi dan elegan kalau aku melihat wanita berambut pendek. Entah sejak kapan aku menyukai wanita berambut pendek, tapi memang rambut model seperti itu sangat cantik di mataku. Tapi jangan rambut yang sangat pendek seperti laki-laki, rambut seperti itu kurang enak dilihat. Setidaknya sebatas leher lah, lebih panjang sedikit dari rambut laki-laki kebanyakan.
Lebih cantik lagi kalau ujung rambutnya menyebar ke luar dan agak sedikit jabrik. Mungkin seperti model rambut Cagalli Yula Athha di Gundam Seed. Ujung rambut ke dalam seperti model bob kebanyakan pun tak kalah seksi.

Tak suka keduanya??? Masih ada model rambut yang lain, yaitu rambut sedang. Tak pendek, juga tak panjang. Banyak orang Indonesia bilang rambut sebahu. Ini sebagai alternatif. Kalau menurutku, wanita dengan rambut sedang sifatnya bisa macam-macam. Dia bisa kemayu, tapi bisa juga aktif dan agresif. Sepertinya semua sifat ada. Tapi kalau menurutku sendiri, model rambut seperti ini kesannya tanggung-tanggung. Si pemilik rambut bingung, mau pendek atau mau panjang. Mestinya kalau panjang, panjang sekalian. Kalau pendek, pendek sekalian, habis perkara.
Masih tak suka juga model rambut yang ini??? Jangan-jangan ada yang senang dengan wanita botak. Ah, janganlah. Entah kenapa aku lihat tidak ada kesesuaian pada wanita berkepala botak. Kalau lelaki, bolehlah. Kalau wanita??? Yang ada malah mau buat aku ketawa lihat dia.

Oh iya, bagaimana dengan warna rambut??? Aku senang dengan wanita yang berambut warna coklat atau merah, ada nampak kesan seksi dan elegan. Lebih cantik lagi kalau warna rambutnya campuran antara hitam dan kuning atau coklat muda, cantik sekali.
Dan warna rambut seperti itu pas untuk kulit orang Melayu yang kuning langsat dan agak kecoklatan. Blonde (rambut kuning)??? Kurang pas, kalau orang putih bolehlah. Apalagi warna-warna rambut yang terlalu ekstrim macam rambut perempuan-perempuan di anime Jepang, merah jambu atau biru laut misalnya, tak sesuai untuk orang kita.
Yang pasti, untuk para wanita, peliharalah rambutmu sebaik-baiknya karena rambut termasuk mahkota yang dapat memikat hati para lelaki. Dan jangan lupa, jangan terlalu mengutak-atik rambut, nanti cepat rusak. Hati-hati juga memakai cat rambut, salah-salah nanti bisa terkena penyakit.