Pengguna internet mungkin sudah sering mendengar nama ini. Ya, Yoyo dan Cici. Mereka berdua adalah anak monyet yang lucu dan akhir-akhir ini menjadi emoticon di berbagai blog atau forum.
Orang-orang yang melihat mereka berdua pasti akan merasa gemas akan kelucuan dan "imut-imut" mereka. Senarai lengkap emoticonnya bisa dilihat di laymark.com. Sebenarnya dulu ada laman khusus untuk mereka, yoyocici.com, tapi entah kenapa laman tersebut tak bisa diakses lagi.
Sebenarnya banyak macam emoticon yang beredar internet. Ada Tuzki, Onion Head, Mashimaro, Baby Soldier, tapi menurutku yang paling comel, paling lucu, dan paling enak dipakai tetaplah Yoyo dan Cici.

Siapa pastinya pembuat Yoyo Cici, aku tak tahu. Tapi mesti orang dari Republik Rakyat China. Tidak hanya Yoyo Cici sebenarnya, emoticon lain seperti Tuzki dan Baby Soldier pun dibuat oleh orang China. Dalam bahasa Mandarin, Yoyo dan Cici biasa disebut dengan "悠嘻猴" (yōu xī hóu). "悠" adalah nama Yoyo dalam bahasa Mandarin (悠悠, yōuyōu), "嘻" adalah Cici (嘻嘻, xīxī), sedangkan "猴" artinya "monyet".
Oh iya, mereka juga tidak hanya tampil melalui emoticon dan gambar, tapi juga dibuat video animasi pendek sebanyak 7 episode, masing-masing berdurasi sekitar 2 menit. Dan di video ini, mereka tidak cuma berdua, tapi ada kawan-kawan mereka yang lain seperti Mr. Pig, Muji, dan sekumpulan itik.